La Couleur De La Vie

                                       "C’est un peu de mon histoire"

In Memorial
Chat Room
My Music


Leave Your Message
Your Time Now
Vote For Me
Is My blog's content and design appealing to you to visit back again?

100% Yes!
50% Yes
Less than 50% yes
Not at all
No Comment

View Results

Weather @Depok
The WeatherPixie
Prayer Time
Visitor Counter
Live Page Popularity


Google
 
Foire internationale et gastronomique de Dijon 2008
Monday, November 10, 2008
Di Jakarta, Foire (bahasa Indonesia : pekan raya) sering dirayakan setiap tahun yang disebut Pekan Raya Jakarta.
Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair adalah pameran tahunan terbesar di Indonesia. Walaupun dinamai "pekan", biasanya berlangsung selama satu bulan penuh dari pertengahan Juni sampai pertengahan Juli untuk memperingati hari jadi kota Jakarta.

PRJ pertama diadakan pada tahun 1968. Sampai saat ini (2006), setiap tahun penyelenggaraannya tidak pernah terputus. Dari 1968 sampai 1991 PRJ berlangsung di Taman Monumen Nasional.

Idenya muncul atau digagas pertama kali oleh Pemerintah DKI yang kala itu dipimpin oleh Gubernur Ali Sadikin atau yang lebih dikenal oleh Bang Ali pada tahun 1967. Gagasan atau ide ini, karena Pemerintah DKI waktu itu ingin membuat suatu pameran besar yang terpusat dan berlangsung dalam waktu yang lama.

Pemerintah DKI waktu itu juga ingin menyatukan berbagai "pasar malam" yang ketika itu masih menyebar di sejumlah wilayah Jakarta . Pasar Malam Gambir yang tiap tahun berlangsung di bekas Lapangan Ikada (kini kawasan Monas), juga merupakan inspirasi dari Pameran yang diklaim sebagai "Pameran Terbesar" ini.

sumber : wikipedia


Bagaimana Foire International et Gastronomique di Kota-kota negara Perancis ? Berbeda dengan Indonesia Foire hanya dilaksanakan di Jakarta , selain diikuti oleh perusahaan automotif, komputer dan berbagai usaha yang bergerak dibidang Teknologi Informasi, juga diikuti seluruh provinsi yang memperkenalkan budaya, daerah wisata dan berbagai kuliner.


Kenapa saya katakan berbeda dengan Foire di Perancis?

Setiap kota menyelengarakan Foire tersebut. Sebutlah salah satunya kota Paris (info lengkap disini) atau klik disini untuk mencari Foire di kota lain. Penyelengaraan cukup sepekan alias seminggu. Disetiap Foire yang dilaksanakan di Dijon untuk tahun ini negara Thailand menjadi icon atau negara yang memperkenalkan budaya, wisata, kuliner dan lain sebagainya yang berbau Thailand.



Dijon, Minggu 9 November 2008

Dihari minggu bersama teman se Gunadarma yang sedang kuliah di Dijon berencana jalan-jalan keliling Dijon sekaligus menemani teman mas Betha yang lagi berlibur di Perancis. Mbak Yuni bersama suaminya juga mahasiwa yang lagi studi di Jerman. Informasinya sih sudah selesai, dan rencana akan balik ke Indonesia Awal tahun 2009. Nah kemarin tidak lengkap personil Gunadarma, karena beberapa teman kecapean dan ada yang lagi menyelesaikan tugas.

Acara pertama mengikuti jejak burung Hantu yang mengantarkan kita ke 22 objek wisata, lebih umumnya bangunan bersejarah di Kota Dijon yang berada di Centre Ville Dijon, namun jejak tersebut tidak selesai dan hanya sampai pada jejak yang ke 12. Waktu sudah jam 12 siang, menuju tempat favorit makanan yang halal dan Murah "Ekin Kebab". Setelah makan siang menuju tempat dilaksanakan Foire. Selama disana mengunjunggi Icon foire itu sendiri yaitu Stand Negara Thailand yang menempati satu hall sendiri. Selain itu menuju ke Hall yang berada di lantai 2 disana terdapat beberapa stand dari berbagai negara.

Distand Madagascar si Brah, melihat topi cowboy yang kebetulah aku sedang mencarinya. Maklum di Perancis jarang orang yang menjual topi cowboy. Topi tersebut pesanan kakak Ipar.

Selama 2.30 jam, waktu bertemu kembali di pintu keluar. Acara selanjutnya menuju lac kir, sebuah danau buatan di Kota Dijon. disini cuman 15 menit, kemudian menuju Darcy. Disini kami berpisah dengan Mbak Yuni n suaminya menuju rumah Debyo mengambil tas dan kembali ke Paris dengan kereta.

Labels: , ,

posted by Musa @ 5:03 AM  
8 Comments:
  • At Wednesday, November 12, 2008 10:34:00 AM, Anonymous Anonymous said…

    lain ladang lain belalang :D
    semoga Jakarta Fair bisa berubah menjadi Indonesian fair :) biar bisa diikuti oleh smua provinsi ;)

     
  • At Wednesday, November 12, 2008 3:09:00 PM, Blogger Musa said…

    Mungkin peluang buat daerah lebih memperkenalkan daerahnya. Kapan Indonesia dikenal dunia. Tiap kali saya mengakatan "My Nasionality is Indonesian". Mereka pada banyak yang ngak tau. Tapi kalo saya bilang "Bali", Ah! Bali, c'est Belle pays. Trus dilanjutin, Indonesia disebelah mana Bali ? Bingung "MODE ON" jelasin.

     
  • At Wednesday, November 12, 2008 5:52:00 PM, Anonymous Anonymous said…

    Salam kenal mas Musa, Wah menarik sekali Foire di Perancis. Jadi pingin kesana nich.. :P Thanks sudah share sehingga bisa mengetahui aktivitas dibelahan bumi lain. thanks

     
  • At Thursday, November 13, 2008 6:26:00 PM, Blogger Musa said…

    @yulis
    Mbak Yulis, salam kenal kembali. Senang bisa kenal dengan Anda. Saya akan terus mencatat segala yang saya alami.

     
  • At Thursday, November 13, 2008 10:13:00 PM, Anonymous Anonymous said…

    Lha terus kalo gak pake inggris dia mo make boso prancis?? Wah bisa gawat komunikasinya... Wong ini aja udah susah. Saya dg inggris dialek banyumasan, dia dg inggris yg kayak org kepedesan...

     
  • At Thursday, November 13, 2008 11:20:00 PM, Blogger Musa said…

    @Bangpay,
    Ya gitulah orang perancis, katanya lebih bangga dengan bahasa negaranya sendiri.

     
  • At Friday, November 21, 2008 3:39:00 PM, Anonymous Anonymous said…

    Sewaktu aku masih di Indonesia, pameran-pameran wisata dan budaya daerah jarang ada di Indonesia.

    Kadang ada tapi hanya sebatas perdagangan dan produksi daerah saja. Sedangkan informasi-informasi pariwisata (transport umum lokal, hotel murah) tidak ada, yang ada hanya yang mahal-mahal saja. Oleh sebab itu pariwisata Indonesia kurang di kenal oleh masyarakatnya sendiri.

    Aku sendiri bisa mempunyai minat menjelahi Indonesia gara-gara orang bule. Di Perancis saja banyak buku-buku panduan berwisata: Guide Routard, Petits Futes,..., selain itu kantor pariwisata daerah juga ikut berperan aktif.

    Untuk promosi international, Indonesia tidak menampilkan semua provinsi. Lebih sering Bali, DIY yang ditonjolkan. Lihat saja Jakarta bukan merupakan daya tarik pariwisata. Ditambah pula informasi-informasi dari banyak bule (dari mulut-ke mulut), Jakarta itu panas, macet, tak ada yang bisa dilihat/tak ada budaya, hanya untuk bisnis. Ternyata ketika aku bawa 15 orang perancis ke Jakarta untuk 4 hari, mereka baru sadar, bahwa 4 hari tidak cukup untuk meng-ekplorasi Jakarta: Pelabuhan Sunda Kelapa, Kota, Cilincing,...

    Aku berharap sekarang ini sudah ada banyak perbaikan.

     
  • At Friday, November 21, 2008 11:00:00 PM, Blogger Musa said…

    Mbak Juliach
    Makasih udah mampir diblog aku.
    Benar juga mbak, karena kalo di Indonesia boro dapat info, kita yang orang Indonesia males pergi karena tidak jelas baik dari Info Nginap, tempat untuk wisata. Apalagi Peta2, Waktu kita patrimoire kemarin tiap kalo datang cari Tourisme Information yang tidak jauh dari Gare

     
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Musa
Home: Depok, Jawa Barat, Indonesia
About Me: Seorang yg sederhana, moderat, individu serta suka dedikasi dan komitmen dalam semua aspek hidup. Dalam pandanganku sendiri sebagai seorang stabil, bertanggung jawab, percaya diri dan orang penuh kasih yang mempunyai niat baik. Kenangan dari segalanya langkahku merupakan pengalaman berharga dimasa mendatang. Petualanganku dimulai dari pulau “Celebes” yang lebih dikenal dengan Sulawesi. Tepatnya di daerah Gorontalo tempat kelahiran dan masa-masa kecilku bermain dan tumbuh. Minat yang berkisar akademis terutama hardware system, petualangan. Mengunjungi suatu tempat dan hidup bebas dari “penjajahan” kesenangan penuh kasih. Bagaimanapun, seorang Purnawarman Musa masih merasakan bahwa aku bukanlah seorang yang sempurna.


YM ID : adadegh
See my complete profile
Facebook ID
Previous Post
Archives
Current Moon
CURRENT MOON
moon info
Other My Blog

Coretan

↑ @Gunadarma University

Serpihan-serpihan Catatanku

↑ @Blogsome dot Com

Links
This Day in History

Total Online
UG Radio
Powered by

BLOGGER

© 2005 La Couleur De La Vie Template by Isnaini Dot Com