La Couleur De La Vie

                                       "C’est un peu de mon histoire"

In Memorial
Chat Room
My Music


Leave Your Message
Your Time Now
Vote For Me
Is My blog's content and design appealing to you to visit back again?

100% Yes!
50% Yes
Less than 50% yes
Not at all
No Comment

View Results

Weather @Depok
The WeatherPixie
Prayer Time
Visitor Counter
Live Page Popularity


Google
 
L'invitation Déjeuner
Wednesday, December 10, 2008
Sebenarnya aku pengen cerita undangan "lunch" oleh profesurku pada tanggal 22 November 2008, kemarin disinggung pada posting sebelumnya tentang salju pertamaku. Namun karena lagi banyaknya kegiatan yang harus aku ikutin, termasuk memperlajari bahasa Perancis. Belum ditambah acara jalan dengan mahasiswa asing yang mendapatkan beasiswa dari pemerintah Perancis yang berada di Dijon ke daerah ALASCE. Insyallah moment tersebut bisa aku posting segera .... silahkan menunggu ya!

Rencana makan siang ini awalnya direncanakan saat kami baru sampai, namun karena saat itu adalah bulan Ramadhan dan kebetulan seorang teman memberanikan diri memberitahu kalo saat itu kami sedang puasa. Sayangnya teman tersebut sudah harus kembali ke Indonesia yang memang cuman 3 minggu di Dijon menemani istrinya sidang Doctoral di Université de Bourgogne tempat aku melanjutkan pendidikan sekarang ini.

Singkat cerita, janjian ketemu dengan teman-teman di place Darcy yang ternyata sudah sampai lebih dulu. Nunggu bis jurusan Plombières-lès-Dijon selama 15 menit. Waktu tempuh untuk sampai di pemberhentian / halte Virctor Hugo tidak terlalu lama, cukup 20 menit dari Place Darcy. Ternyata kedatangan kami sebelumnya disambut oleh turunnya salju yang begitu deras, dan membuat kami begitu gembira sampai tanpa sadar ternyata mengambil arah belokan yang salah. Dan tanpa sepengetahuan kami, ternyata profesor sudah ada dibelakang memberitahu kalo jalannya lewat belokan satunya lagi.
Mungkin karena melihat tingkah kami yang "narcis" melihat salju, profesor dengan senangnya melihat tingkah laku kami dan menuntun ke arah rumahnya.
Sebagai informasi, kebiasaan dalam menjamu tamu bagi orang Perancis sebagai tuan rumah sedikit berbeda dengan kita. Selain waktu untuk makan bisa 3-4 jam dengan berbagai macam menu dari pembangkit selera (macam dan jenis berbeda-beda), pembuka, utama, penutup, juga takkan lupa roti ditemanin keju dan berbagai macam jenis minuman.
Tiba di rumah kami disambut tuan rumah yang sangat hangat dan nyaman. Kebetulan istrinya seorang profesor dari temanku juga. Kebetulan kedatangan kami dalam jumlah yang banyak (13 orang), maka kami dipersilahkan untuk langsung duduk di ruang makan.

Sebelum makan, sedikit kata pembuka yang memberitahu mereka sangat senang mempunyai mahasiswa yang berasal dari Indonesia, selain itu melihat kerja sama dan hubungan baik antar Université de Bourgogne dengan Universitas Gunadarma yang kebetulan kami semua saat itu adalah para dosen di Universitas Gu
nadarma yang sedang melanjutkan Studi baik S2 dan S3 juga beberapa mahasiswa S3 Gunadarma yang sedang belajar selama 4 bulan di Dijon. Pembicaraan tersebut diselinggi makan kacang dari berbagai bentuk kacang (mede,kacang tanah dan kacang), buah olive dan tomat dan berbagai macam minuman.

Tulisan sebagian pinjam dari blog Nuryuliani (abis cuman tau makan aja)


Sambil memperkenalkan menu yang sedang dihidangkan makanan dan minuman baik asal dan cara membuatnya, akhirnya acara makanpun dimulai dengan menu pembuka. Salad Ikan Salmon dan Udang. Bentuknya yang ditata sangat cantik dan rasanya enak sekali…


Setelah itu makanan utama dimana ayam bakar beserta nasi yang kuah sedikit dan dicampur semacam jamur. Juga ditemani nasi merah serta sayuran.

Satu yang tidak pernah terlupakan adalah hidangan keju dari berbagai macam, rasa, bentuk dan bahan dasarnya. Di Perancis, keju ada tingkatan levelnya, makin bau aromanya makin enak dan mahal. Karena itu banyak macam keju hingga melampai angka 200 macam keju dari yang aku pernah dengar.

Hidangan belum berakhir karena masih ada dessert alias makan penutup yaitu kue dan kopi/teh yang disajikan di wadah yang cantik dan menarik.. Benar-benar hidangan yang high class.. and delicious.

Tak terasa sudah menunjukkan jam 16.00 artinya kami sudah menghabiskan waktu 3 jam untuk makan siang. Dan waktunya pulang ..... sebelum mengantar ke halte foto bersama di depan rumah profesor. Terima kasih kami sudah di undang makan siang ....... Prof.

NB: untuk menjaga nama baik Prof. aku tidak mencantumkan Namanya. harap maklum

Labels: , , ,

posted by Musa @ 12:41 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Musa
Home: Depok, Jawa Barat, Indonesia
About Me: Seorang yg sederhana, moderat, individu serta suka dedikasi dan komitmen dalam semua aspek hidup. Dalam pandanganku sendiri sebagai seorang stabil, bertanggung jawab, percaya diri dan orang penuh kasih yang mempunyai niat baik. Kenangan dari segalanya langkahku merupakan pengalaman berharga dimasa mendatang. Petualanganku dimulai dari pulau “Celebes” yang lebih dikenal dengan Sulawesi. Tepatnya di daerah Gorontalo tempat kelahiran dan masa-masa kecilku bermain dan tumbuh. Minat yang berkisar akademis terutama hardware system, petualangan. Mengunjungi suatu tempat dan hidup bebas dari “penjajahan” kesenangan penuh kasih. Bagaimanapun, seorang Purnawarman Musa masih merasakan bahwa aku bukanlah seorang yang sempurna.


YM ID : adadegh
See my complete profile
Facebook ID
Previous Post
Archives
Current Moon
CURRENT MOON
moon info
Other My Blog

Coretan

↑ @Gunadarma University

Serpihan-serpihan Catatanku

↑ @Blogsome dot Com

Links
This Day in History

Total Online
UG Radio
Powered by

BLOGGER

© 2005 La Couleur De La Vie Template by Isnaini Dot Com